new

new

Saturday 15 December 2012

→ Berdamai Dengan Masalah ←

Suatu hari seorang
professor memulai sebuah kelas dengan
mengangkat gelas berisi air. Ia mengangkat
gelas tersebut dan bertanya kepada siswanya,
“Berapa kira-kira berat gelas ini?”
“Satu ons!” “Dua ons!” Tiga ons!”… terdengar
jawaban bersahutan dari siswa-siswanya.
”Saya tidak begitu pasti sampai saya
menimbangnya,” kata professor
“tapi pertanyaan saya adalah apa yang terjadi
jika saya mengangkatnya selama semenit?”.
“Tak kan terjadi apa-apa”, kata siswa-siswa
tersebut.
“Baik, jika saya mengangkatnya selama satu
jam?” tanya professor.
“Tangan Anda akan terasa pegal”, jawab para
siswa.
“Kalau saya angkat selama seharian penuh?”
“Tangan Anda akan sakit, bahkan mungkin bisa
terluka otot-ototnya dan Anda harus dirawat
di rumah sakit tentunya”, jawab salah satu
siswa dan disambut tawa seluruh siswa di
kelas tersebut.
“Tepat sekali”, jawab professor. “Tapi apakah
kesakitan saya tersebut disebabkan karena
berat gelas tersebut berubah?” lanjut
professor.
“Tidak,” jawab siswa serentak, “itu karena
otot-otot Anda menerima tegangan yang
terlalu lama”.
Profesor kembali bertanya, “Lalu apa yang
harus saya lakukan?”
Seisi kelas terdiam. Tiba-tiba salah seorang
siswa menjawab, “Letakkan gelas tersebut”.
“Excactly, tepat sekali!” jawab sang professor.
“Problem dan masalah dalam hidup dapat
diibaratkan mengangkat gelas ini. Camkan
kata-kata ini, mengangkatnya lebih lama akan
membuatmu merasa pegal. Mengangkat lebih
lama lagi dapat membahayakanmu, bahkan
dapat membunuhmu.”
“Sangat penting berpikir tentang tantangan-
tantangan dalam hidup, tapi akan LEBIH
PENTING meletakkannya sejenak setiap
mengakhiri hari saat kalian semua beranjak
tidur dan tidak membawanya bersama
tidurmu. Dengan begitu kalian tidak akan
merasa tertekan, kalian bangun di pagi hari
dengan rasa segar, kuat dan tegar menghadapi
setiap tantangan dan masalah yang datang.”
Pelajaran:
“kegagalan bukanlah suatu masalah yang
besar. Anda harus pernah merasakannya
untuk mengetahui apa arti sebuah
kesuksesan. Banyak orang tidak siap
dengan sebuah situasi kegagalan.
Belajarlah dari kegagalan meski itu terjadi
berkali-kali!”

No comments:

Post a Comment